Selasa, 19 Oktober 2010

makalah STUDY TOUR JATIM PARK MALANG

LAPORAN STUDY KARYA ILMIAH(SKI) JATIM PARK MALANG



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan inayahnya,sehingga kami dapat menyelesaikan Hasil Laporan Study Karya Ilmiah di JATIM PARK Malang .

Dengan tersusunnya laporan ini semua berkat kerja sama antar teman-teman serta tak lepas dari bimbingan Bapak atau ibu guru dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya pembuatan laporan ini .

Kami menyadari bahwa meskipun kami telah bekerja secara maksimal,namun masih banyak yang perlu diperbaiki,untuk iti kami mengharapkan saran dan kritik Bapak/kbu guru

Serta semua pembaca demk perbaikan laporan ini sangat kami butuhkan.

Kemudian kepada semua pihak yang telah membantu di dalam penynsunan laporan ini kami mengucapkan banyak terima kasih.

Sidoarjo, 2010

Tim Penyusun

HALAMAN PENGESAHAN

Kepada kepala sekolah maupun wali kelas supaya memberikan do’a dan restu, mengijinkan kami dalam mengerjakan tugas ini sampai selesai dan sukses.

Wali kelas Guru Pendamping

Kepala sekolah


Sidoarjo , 2010

Daftar isi

Kata Pengantar ………………………………………………………………………….2

Halaman Pengesahan …………………………………………………………………...3

Daftar Isi ………………………………………………………………………………..4

BAB I PENDAHULUAN

A.Latar Belakang ……………………………………………………………………….

B.Tujuan ………………………………………………………………………………..

BAB II PEMBAHASAN

1.BIOLOGI

1.1.Alat indra………………………………………………………………………….

1.2.Pencernaan………………………………………………………………………..

1.3.Cara Kerja Jantung………………………………………………………………..

1.4.Perkembangan embrio…………………………………………………………….

1.5.Kurtur Jaringan……………………………………………………………………

1.6.Insekta ……………………………………………………………………………

1.7.Angronomi …………………………………………………………………………

2.KIMIA

2.1.Hidrakarbon ………………………………………………………………………

2.2.Larutan asam basa…………………………………………………………………

2.3.Sistem Periodik……………………………………………………………………

2.4.Macam-macam bahan obat tradisional dan rempah ………………………………

3.FISIKA

3.1.Viskositas …………………………………………………………………………

3.2.Momen Inersia…………………………………………………………………….

3.3.Gravitram……………………………………………………………………………

3.4.Cermin………………………………………………………………………………

3.5.Bernoulli ball……………………………………………………………………….

3.6.Katrol…………………………………………………………………………….

3.7.Sentrifugal………………………………………………………………………….

BAB III PENUTUP

A.KESIMPULAN………………………………………………………………………

B.SARAN…………………………………………………………………………………

BAB I

PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

Pada massa depan bangsa berada ditangan generasi muda dan mutu bangsa di kemudian hari bergantung pada pendidikan yang dikecap oleh generasi muda sekarang ini.

Seperti yang diketahui bahwa JATIM PARK adalah taman belajar dan rekreasi yang ada di sekitar kita.

Seperti yang di ketahui juga bahwa pada kegiatan ini sangat bermanfaat sekali untuk menggali potensi dan menambah wawasan bagi siswa-siswi.

B.Tujuan

Dengan kita berkunjung ke Jatim Park untuk belajar diluar sekolah serta rekreasi agar menambah wawasan / pengetahuan dan sekaligus kita dapat mengenal keindahan alam di sekitar kita.

C.SISTEMSATIKA PELAPORAN

Laporan ini kami buat dengan keadaan yang sebenarnya dan tanpa suatu halangan apapun sehingga laporan ini diselesaikan tanpa mengalami kesulitan

BAB II

PEMBAHASAN

1.BIOLOGI

1.1.Alat indra

Indra adalah organ yang berfungsi untuk menerima jenis rangsangan.ada lima macam indra yaitu:

A.Indra Pengelihatan(Mata)

Ada bagian-bagian mata:




  1. bola mata terdiri atas

a.Skelera (selaput luar ) pada bagian depan karena mata yang mengatur cahaya masuk

b.Koroit (selaput hitam) lapisan yang terletak ditengah-tengah terdapat

· Iris/selaput pelangi

· Pupil

c.Retina (selaput jala) banyak mengandung sel-sel syaraf

2. Lensa mata dapat mencembung dan memipih dengan bantuan otot siliaris

3. Otot-otot mata yang terdiri atas:

· Muskulus rektus lateral

· Muskulus rektus superior

· Muskulus obliges

· Kelenjaer air mata

· Kelenjar bulu mata

B.Indra Pendengar (telinga)

Telinga terdiri atas 3 bagian yaitu

1. Bagian luar terdiri atas daun telinga (pinna)dan saluran pendengaran

2. Bagian tengah terdiri atas :

· Selaput gendang(membran tympani)

· Tulang-tulang pendengaran terdiri atas tulang matil (malleus),tulang landasan (incus)dan tulang sanggurdi(stapes)

3 Bagian dalam

· jendela oval

· jendela melingkar

· koklea(rumah siput)

C.Indra Penciuman(hidung)









  • Hidung merupakan organ pernafasan yang pertama dan langsung berhubungan dengan dunia luar.Melalui hidung dalam pernafasan normal udara masuk ke dalam tubuh.
  • Dua rongga hidung dipisahkan satu sama lain oleh sebuah selat yang disebut selat hidung (septum nasi)
  • Pada bagian hidung terdapat membrane mukosa yang berfungsi sebagai permukaan tempat serabut-serabut saraf pembau berakhir.
  • Di dalam hidung ,udara akan diatur suhu ,kelembaban dan disaring kotorannya agar sesuai dengan kondisi tubuh .tugas ini dilakukan oleh bulu-bulu hidung.Saat ada kotoran yang masuk kedalam hidung dan melakukan reaksi dengan bersin.
  • Hidung terhubung dengan rongga mulut oleh laring
  • Udara yang dihirup oleh hidung mengandung 20,8% Oksigen(O2),0,04% Karbon dioksida (CO2),dan hampir 80% Nitrogen.

D.Indra Pengecap (Lidah)

Lidah adalah salah satu bagian-bagian otot-otot dalam tubuh yang sangat mudah bergerak.









Fungsi lidah:

1.sebagai indra pengecap

2.membantu mengunya makanan dan menggerakan keseluruh rongga mulut

3.membersikan gigi-gigi dari makanan yang terselip diantara gigi

4.membentuk suara pada waktu berbicara Indra pengecap mampu mengecap 4 cita

rasa dan terletak didaerah lidah yang berbeda :

a.Manis dibagian tepi depan

b.Asam dibagian tepi samping

c.Pahit dibagian belakang

d.Asin dibagian depan

E.Indra Peraba (kulit)

Kulit manusia tersusun oleh dua lapisan utama yaitu epidermis dan dermis .








· Pada epidermis terdapat reseptor untuk rasa sakit dan tekanan lemah.Pada lapisan ini yang permukaannya keras kalau terus menerus mengganti agar selalu terjadi proses perbaikan karena perusakan dan menjauhi air,debe,kuman dan sinar-sinar yang berbahaya seperti ultraviolet dari matahari.

· Pada dermis terdapat reseptor untuk panas,dingin ,dan tekanan yang kuat.Masing-masing reseptor tersebut adalah :

a.korpuskola paccini

b.ujung saraf sekeliling rambut

c.korpuskola ruffini

d.ujung saraf Krause

e.korpuskola meissner

f.ujung saraf tanpa selaput

g.lempeng merkel

1.2.Pencernaan

Sistem pencernaan adalah sistem organ dalam hewan multisel yang menerima makanan, mencernanya menjadi energi dan nutrien, serta mengeluarkan sisa proses tersebut. Sistem pencernaan antara satu hewan dengan yang lainnya bisa sangat jauh berbeda.




Pada dasarnya sistem pencernaan makanan dalam tubuh manusia terjadi di sepanjang saluran pencernaan dan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu proses penghancuran makanan yang terjadi dalam mulut hingga lambung.Selanjutnya adalah proses penyerapan sari - sari makanan yang terjadi di dalam usus. Kemudian proses pengeluaran sisa - sisa makanan melalui anus.

1.3.Cara Kerja Jantung

Pada saat berdenyut, setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah (disebut diastol). Selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (disebut sistol). Kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan.

Darah yang kehabisan oksigen dan mengandung banyak karbondioksida (darah kotor) dari seluruh tubuh mengalir melalui dua vena berbesar (vena kava) menuju ke dalam serambi kanan. Setelah atrium kanan terisi darah, dia akan mendorong darah ke dalam bilik kanan.









Darah dari bilik kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis, menuju ke paru-paru. Darah akan mengalir melalui pembuluh yang sangat kecil (kapiler) yang mengelilingi kantong udara di paru-paru, menyerap oksigen dan melepaskan karbondioksida yang selanjutnya dihembuskan.

Darah yang kaya akan oksigen (darah bersih) mengalir di dalam vena pulmonalis menuju ke serambi kiri. Peredaran darah di antara bagian kanan jantung, paru-paru dan atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner.

Darah dalam serambi kiri akan didorong menuju bilik kiri, yang selanjutnya akan memompa darah bersih ini melewati katup aorta masuk ke dalam aorta (arteri terbesar dalam tubuh). Darah kaya oksigen ini disediakan untuk seluruh tubuh, kecuali paru-paru.

1.4.Perkembangan embrio




4,5 minggu -> 1,5 bulan -> 2 bulan -> 2,5 bulan -> 3 bulan -> 3,5 bulan ->4 bulan -> 5 bulan -> 6 bulan -> 7 bulan -> 8 bulan -> 9 bulan

1.5.kultur jaringan

Awal perkembangan dan perbanyakan infitro dimulai dengan konsep”totipotency cell(total genetic petensial sel)”yaitu kemampuan sel untuk tumbuh dan berkembang membentuk tanaman lengkap dalam medium aseptic yang mengandung unsur hara dan zat pengatur tumbuh yang sesuai .sifat totipotency sel yang telah membuka pikiran kita bahwa didalam tubuh organisme multi selulai setiap sel memiliki potensial genetik seperti zigotnya yaitu mampu memperbanyak diri serta berdiferensiasi menjadi tanaman lengkap jika berada pada suatu kondisi lingkungan yang sesuai.Regenerasi sel atau jaringan menjadi tanaman lengkap,dewasa ini terbukti dengan berbagai hasil penelitian tentang kultur vitro.




Cara pembuatan kultur in vitro.

1.Pembuatan media

2.Sterilisasi media

3.Isolasi bahan tanaman /Eksplan

4.Sterilisasi Eksplan

5.Inokulasi Eksplan

6.Pemeliharaan kultur

7.Aklimatisasi

8.Pemindahan tanaman

1.6 Insekta

Serangga (disebut pula Insecta, dibaca "insekta") adalah kelompok utama dari hewan beruas (Arthropoda) yang bertungkai enam (tiga pasang); karena itulah mereka disebut pula Hexapoda (dari bahasa Yunani, berarti "berkaki enam"). Serangga ditemukan di hampir semua lingkungan kecuali di lautan. Kajian mengenai peri kehidupan serangga disebut entomologi.








Lebih dari 800.000 spesies insekta sudah ditemukan. Terdapat 5.000 spesies bangsa capung (Odonata), 20.000 spesies bangsa belalang (Orthoptera), 170.000 spesies bangsa kupu-kupu dan ngengat (Lepidoptera), 120.000 bangsa lalat dan kerabatnya (Diptera), 82.000 spesies bangsa kepik (Hemiptera), 360.000 spesies bangsa kumbang (Coleoptera), dan 110.000 spesies bangsa semut dan lebah (Hymenoptera).

1.7.Agronomi

NO

Nama Obat-obatan

Gambar

1.

Gingseng

2.

Mundu(obat bengkak)

3.

Salam(obat sakit perut)

4.

Mengkudu(morinda citrifolia)

5.

Langsat(obat diare)

2.KIMIA

2.1 HIDROKARBON











Asam sulfat pekat merupakan bahan dehidrasi yaitu bahan yang mengambil hidrogen dan oksigen dari zat lain untuk membentuk air.Pada percobaan ini menunjukkan gula (C12,H22,O11) dapat di ubah menjadi 12 atom karbon dan 11 molekul air oleh asam sulfat ,panas reaksi ini mengubah sebagian air menjadi uap

2.2 LARUTAN ASAM BASA




Cara kerja:

1.Teteskan larutan X ke dalam larutan Z ,jika dalam larutan Z terbentuk warna merah tapi menghilang berarti di dalam larutan Z konsentrasi asamnya tinggi , tambahkan larutan X terus ke dalam larutan Z sampai warna merahnya tidak hilang.

2.Tetesan larutan Y ke dalam larutan Z ,jika warna merah belum hilang tambahkan lagi larutan Y sampai warna merah larutan Z hilang.

2.3.SISTEM PERIODIK

Sistem ini di resmikan oleh IUPAC tahun 1923 yang di susun berdasarkan konfigurasi electron.

System ini tersunsun dari:

A.Baris –baris horizontal disebut periode

B.K olom-kolom vertikal yang disebut golongan




1.PERIODE

Unsur-unsur yang jumlah kulitnya sama di tempatkan pada peruode (Baris)yang sama .

Nomor periode = jumlah kulit

Pada setiap kulit di beri nomor dan nama .Penomoran dan penamaan kulit di mulai dari kulit pertama di namai kulit K,kulit ke dua dan hingga kulit ke 7 di namai L,M,N,O,P dan Q.

2.GOLONGAN

Unsur-unsur yang memiliki jumlah elektron valensi sama di tempatkan pada golongan yang sama

Nomor golongan :jumlah electron valensi unsur-unsur yang memiliki jumlah electron valensi sama di tempatkan pada golongan yang sama .Unsur-unsur yang segolongan mempunyai sifat-sifat kimia yang sama, sebab mereka memiliki jumlah elektron valensi yang sama .

SIFAT-SIFAT PERIODE UNSUR:

Sifat periodic adalah sifat yang berulang secara periodik yaitu dari kiri ke kanan dalam satu periode atau dari atas ke bawah dalam satu golongan .

Sifat periodik tersebut antara lain sebagai berikut :

1.Jari-jari atom

2.Energi ionisasi (potensial ionisasi )

3.Afinitas elektron

4.Ke elektronegatifan / elektronegativitas

5.Sifat logam dan non logam

6.Titik leleh dan titik didih

7.Kreaktifan

2.4.Macam-macam Bahan Obat Tradisonal & Rempah









v Kelabet (Trigonella foenum – graeum L)

v Kemin (Aleuritas Moluccana) (L) Wild – Euphorbiceae

v Adas Manir (Anethum Graveolens L. Aplacaca)

v Lada Putih ( Piper Ningrum L) Piperaceace

v Cabe Jawa ( Peper retrofracram valil) Piperaceae

v Jinten Putih (Cuminum Cyminum L) Aplaceae

v Cengkeh (Syzygium aromaticium) (L) Merrill & Perry

v Kemukus (Piper Cubeba L.f. Piperaceae)

v Kayu legi (Glycerrhiza glabra L) Fabacecia

v Sintok (Cinnamomun Sintoc Biame) Lauraceace

3.FISIKA
3.1.VISKOSITAS






Cara kerja :

Tekan pompa satu persatu dengan perlahan 3 sampai 4 kali pompa! Apa yang terjadi? Didalam kedua lubang air dan minyak goreng akan muncul gelembung‑gelembung udara gelembung udara yang muncul pada tabung minyak goreng terlihat menggumpal besar gelembung udara yang muncul pada tabung air terlihat menyebar tidak beraturan . Hal ini di sebabkan karena kerapatan molekul air dan minyak goreng berada molekul air lebih rapat di banding molekul minyak goreng masa jenis air dan minyak goreng juga berpengaruh terhadap perbedaan tersebut masa jenis air lebih besar di banding masa jenis minyak .

3.2.Momen inersia




Cara kerja:

1.Silakan duduk di kursi peraga ,kemudian letakkan dua beban yang ada pegangannya pada sisi paling jauh (ke kiri &ke kanan )

2.putarlah kemudian yang ada di depan anda ,hingga anda ikut berputar !

3.kemudian tariklah kedua beban yang ada di kiri dan kanan anda menuju pusat putaran.

Mengapa demikian?

Karena ketika 2 beban di arahkan ke pusat putaran ,anda akan berputar semakin cepat .hal ini di sebabkan karena jarak beban dengan pusat putaran semakin kecil

3.3 Gravitaram




Mengapa bola-bola tersebut bias menggelinding karena pengaruh gravitasi,maka suatu benda yang terbentuk benda akan menggelinding ke bawah bila di letakkan di atas suatu bidang miring .energi yang di miliki oleh benda tersebut untuk bergerak biasa di sebut energi potensial ,gravitasi yang kemudian berubah menjadi energi kinetik pada saat benda tersebut bergerak .

3.4.Cermin

Cermin awalmya terbuat dari kepingan atau lembaran logam mengkilap, biasanya logam perak atau tembaga apabila bayangan yang dipantullan kembali adalah untuk dilihat tetapi juga bisa dari logam lain apabila hanya digunakan untuk memfokuskan cahaya.

Kebanyakan cermin moden terdiri dari lapisan tipis aluminium disalut dengan kepingan kaca. Cermin ini disebut "sepuh belakang" (back silvered), di mana permukaan memantul dilihat melalui kepingan kaca. Pelapisan cermin dengan kaca membuat cermin tahan, tetapi mengurangi kualitas cermin karena tambahan biasan permukaan depan kaca. Cermin seperti ini membalikkan sekitar 80% dari cahaya yang datang. "Bagian belakang" cermin sering dicat hitam sepenuhnya untuk melindung logam dari pengikisan.








Teleskop dan peralatan optik yang lain menggunakan cermin “sepuh depan" (front silvered), di mana permukaan pemantul diletakan di permukaan kaca, yang memberikan kualitas bayangan lebih baik. kadang perak digunakan, tetapi kebanyakannya cermin ini menggunakan aluminum, yang memantulkan gelombang pendek lebih baik dari perak.

Cermin sepuh depan memantulkan 90% hingga 95% dari cahaya datang.

Karena logam berkarat dengan adanya oksigen dan kelembapan, cermin sepuh hadapan perlu diganti permukaannya secara berulang untuk mempertahankan kualitas. Cara lain adalah, tentunya, menggunakan tempat vakum untuk menaruh cermin ini.

3.5.Bernouilli Ball

1.Nyalakan kipas tersebut

2.Kemudian letakkan bola tersebut di atas kipas yang sudah dinyalakan

3.kemudian amati benda tersebut maka akan menimbulkan pertanyaan.

Mengapa bola tersebut bisa terus melayang dan tidak jatuh , padahal tidak ada tali yang mengikat di atasnya?

Bola dapat melayang disebabkan adanya udara yang dihasilkan oleh kipas secara terus menerus (bonstan).Dan bola tidak dapat jatuh karena tekanan udara yang dihasilkan oleh kipas (udara bergerak) cenderung lebih kecil dari pada tekanan udara disekeliling bola (udara diam)

Sesuai dengan hukum Bernoulli :

“Kecepatan udara berbanding terbalik dengan tekanannya”

Jadi apabila udara memiliki kecepatan yang tinggi maka tekanannya menjadi kecil ,begitu juga sebaliknya kipas yang dinyalakan akan menghasilkan hembusan angin yang menyebabkan adanya kecepatan udara ,sedangkan udara di luar kipas cenderung diam (kecepatan kecil) sehingga tekanan udaranya besar dan menekan bola tersebut dari segala arah menyebabkan bola tidak terlempar keluar .

3.6.Katrol




Tarik tali pada setiap katrol mana yang paling ringan ,mengapa?

Dengan beban yang sama berat rangkaian katrol memberikan keuntungan mekanis (efisiensi) angkutan jumlah katrol yang di rangkai ,berbanding lurus dengan keuntungan mekanis (efisiensi) yang di hasilkan

3.7.Sentrifugal

Cara Kerja:

Tekan pedal dengan perlahan kemudian lepaskan kembali.Apa yang terjadi ?

Mengapa bandul dapat bergerak menjauhidan mendekati pusat lingkaran




Karena alat ini memanfaatkan fenomena gaya sentrifugal –sentripetal. Sebutkan bagian alat yang mengalami gaya gaya itu? Contohnya:Motor bebek pada saat gigi masuk,tidak bergerak maju bila pedal gas tak diperbesar.

KATA PENUTUP

Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan hasil laporan STUDY KARYA ILMIAH di JATIM PARK MALANG .

Laporan ini kami susun untuk memenuhi materi IPA pada kompetensi dasar semester genap tahun ajaran 2009-2010.

Kami mengharapkan atas masukan saran dan kritikan semua pihak demi kesempurnaan laporan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekaliaan. Kami mengucapkan banyak terima kasih

KESIMPULAN:

Berdasarkan hasil laporan diaatas kami dapat mengambil kesimpulan bahwa:

  1. Jatim park sangat penting untuk siswa siswi sebagai taman belajar dan rekreasi.
  2. karya wisata dapat memfaatkan obyek yang kita kunjungi sebagi sumber belajar.
  3. untuk mengembangkan kesedaian bakat-bakat dan ketrampilan mereka yang bermacam-macam, dan menyiapkan generasi muda sekurang-kurangnya dan yang akan datang serta untuk memajukan masyarakat pada umumnya.

Saran:

Kegiatan ini sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar di luar sekolah, mohon kegiatan ini di adakan kembali.

3 komentar:

  1. maaf.. kok makalahnya kepotong ya? bisa liat sepenuhnya? *yg ga kepotong*

    BalasHapus
  2. Fotonya kok ga bisa dilihat?

    BalasHapus
  3. sayang bingit kok cma setengah sichhhhh

    BalasHapus